Minggu, 12 Desember 2010

Debat suami istri mengenai pilihan sekolah anak

Memang anak kami masih kecil. 2 tahun awal tahun depan, namun perdebatan kamu selaku orang tua terhadap pilihan sekolah sudah dimulai dari usianya 1 tahun. Perdebatan dipicu karena keinginan berbeda (yg juga dipicu latar belakang berbeda jauh). Suami inginnya anak di sekolah umum aja,yg pakai BOS, SMP baru dipesantrenkan. Sedang saya yg dari kecil sampai kuliah, ALHAMDULILLAH, selalu di sekolah negeri favorit, ngotot anak mengikuti jejak saya.

Lalu suami bilang,"Kita tetap harus orientasi pendidikan untuk bekal akhirat, karena dia nanti yg akan'mendoakan kita kalau kita sudah meninggal." Jadi malah suami ingin anak ke sekolah berbasis agama atau ke pesantren. Mungkin mengingat saya juga bukan seorang ibu yg bisa menjadi madrasah yg baik bagi anak. Masalah tidak absen pengajian,baca Al Qur'an tiap hari termasuk dengan tadjwid yg benar saja saya masih harus diabsen suami secara rutin.

Kembali ke masalah perdebatan,saya juga ga kalah ngotot. Membandingkan dengan seorang keponakan dan saudara suami yg sekolah di SD dekat rumah,yg menurut saya yg membantu mengerjakan PR mereka, kok ya jauh banget dibandinkan standar kemampuan calistung di SD tempat saya dulu menuntut ilmu. Akhirnya suami mencari jalan tengah,OK ke sekolah pilihan saya tapi setelah itu harus ikut program I'daad dari Ustadz Yusuf Mansyur. Cerita dilanjutkan lagi nanti karena harus dipotong urus anak

16 komentar:

  1. heheheh... persoalan yang jamak terjadi. kalau uni memilih sekolah islam dekat rumah yang cukup bagus. tak harus favorit atau terbaik, tapi cukup bagus untuk modal dasar. konsep uni dan abang adalah memilih sekolah dekat rumah, agar anak kecil ini tidak terbebani sekolah harus terburu2 karena jarak sekolah jauh akibat ingin sekolah favorit.

    mudah2an SMP si billa mau disekolahin di madrasah yang terbaik di kawasan pamulang *insyaAllah terbaik juga di Indonesia, dan dekat rumah juga..

    pengalaman uni dan abang waktu kecil, kami semua adalah produk sekolah bagus meskipun bukan terbaik, tapi semua dekat rumah.. ^_^

    setelah kuliah baru kami mendapat sekolah yang jauh.. :)

    semoga perdebatan yudith dan suami adalah demi kebaikan ananda... bukan karena alasan duniawi.. ^_^... selamat berdebat untuk kebaikan ya say... :)

    BalasHapus
  2. pinter jalan tengahnya.. pilihan anak ternyata pilihan ortu juga, anak umur segitu blom bisa milih.. semua sekolah terbaik menurut masing2 belum tentu terbaik menurut kita, karena latar belakang yang berbeda.. kebanyak sekarang kualitas sekolah bikin ku mikir juga.. secara ku kan tinggalnya juga bareng ponakan, jadi ikutin perkembangan belajar mereka juga, pun bantuin bikin pe-er.. dulu jaman ku sekolah ga segebet gini deh ilmunya.. anak esde udah kaya anak esempe.. huuff..

    BalasHapus
  3. setuju dengan ini.. jarak yang dekat lebih baik daripada jarak yang jauh.. tapi gimana kalu kuliah? sekolah menentukan juga loh uni.. apalagi persaingan belajar jaman sekarang yang bikin ku geleng2 pala.. kualitasnya dibanding ku sekolah esde beda jaoh sama sekarang.. pra teka aja sekarang kudu bisa calistung.. padahal ku belajar calistung waktu esde loh..

    BalasHapus
  4. saya pilih sekolah untuk anak TK&SD, yg jelas pertama yg dipilih sekolah islam, tahu diri emaknya juga belum bener, biar sama2 belajar sama anak :)
    berikutnya untuk tingkat SD, pilih yg ada tes kematangan emosional dan gak ada tes baca tulis,
    maksimal sekelas 24 anak, 2 guru dalam kelas, kurikulum jelas dan diinfokan ke ortu *silabus, jadwal dan hasil tes diberikan*
    lalu anaknya diajak sit-in di kelas, trial dulu
    mana sekolah yg paling nyaman buat anak (gak takut tanya dan gak selalu duduk di bangku), dan kurikulumnya paling sreg sama kita sbg ortu, juga biayanya yg masuk akal, selain deket rumah, itu yg dipilih *hihi...banyak kriterianya*

    BalasHapus
  5. Kalau saya, dari TK sudah saya masukin ke pendidikan Islam Terpadu, insya Allah enak tinggal nambah2 ke anaknya...

    BalasHapus
  6. @Pak Dokter Widodo dan Mas Romi, iya alot banget perdebatannya, tapi semua dalam mencari, jalan agar anak punya akhlaq baik memahami Islam, (jujur target suami, anak mengikuti jejaknya yg rajin mempelajari Al Qur'an dan hadits)

    BalasHapus
  7. @Mba Santi, itu kriteria ideal saya juga dalam mencari sekolah buat anak, tapi ternyata ga mudah, apalagi jika ditambah kriteria dekat rumah.

    BalasHapus
  8. @Uni Dian, sebenarnya inti perdebatan karena suami menilai beberapa kriteria saya terlalu duniawi dan saya kebalikkannya menilai orientasi suami terlalu akhirat:)

    BalasHapus
  9. @Mba Tintin, betul Mba, ada terbersit kekhawatiran mengenai kuliah anak, mengingat setelah PTN jadi BHMN, uang kuliah melambung, dan jatah dari SMPTN (dulu UMPTN) jadi menipis/dengan biaya yg tetap aja mahal. Maka saya berstrategi dalam memilih jalur SD-SMA,. Namun ternyata hal ini tidak sepaham dengan suami.

    BalasHapus
  10. Pak Syamsul, suami saya sama seperti pendapat Bapak, memilih SD Islam atau bahkan pesantren sebagai sekolah buat anak. Namun cerita ada lanjutannya ,Pak:)

    BalasHapus
  11. setujuu dengan nyangg inihhhhhh......

    BalasHapus
  12. aku n suami dulu concern pilih sekolah yg deket rumah, itu yg paling penting utk anak2
    biar mereka ga harus bangun pagi2 & kita ga terlalu kelimpungan jemputnya

    BalasHapus
  13. kalau kuliah insyaAllah lebih baik pilih yang terbaik sejauh apapun itu mbak tin. karena kalau udah kuliah mereka sudah dianggap dewasa dan bisa mengatur waktu ... insyaAllah..

    kalau belajar dari ayah billa yang langsugn sekolah di jakarta, meski sma nya di medan. sementara dian sendiri sih masih di palembang meskipun agak jauh dari rumah. setelah s3 baru jauh2..hehehe..

    yang penting selama anak masih terlalu kecil untuk diajak sibuk2 karena jarak sekolah jauh, dian memilih untuk sekolah dekat2 rumah saja. mungkin SMA atau kuliah baru bisa jauh. :)

    BalasHapus